HYIP ( High Yield INvestment Program )

HYIP

HYIP – High Yield Investment Program. Mungkin banyak orang yang berkecimpung di dunia investasi pasti sudah pernah mendengar isitilah HYIP atau High Yield Investment Program atau Investasi dengan profit (bunga) tinggi, tapi saya yakin masih banyak belum tahu seluk beluk HYIP ini secara mendetil terutama bagi pemula. Penjelasan berikut ini akan mengulasnya secara singkat dan jelas melalui artikel-artikel berikut;
Mungkin banyak orang yang berkecimpung di dunia investasi pasti sudah pernah mendengar isitilah HYIP atau High Yield Investment Program atau Investasi dengan profit (bunga) tinggi, tapi saya yakin masih banyak belum tahu seluk beluk HYIP ini secara mendetil terutama bagi pemula. Penjelasan berikut ini akan mengulasnya secara singkat dan jelas. 
Mengenali Jenis Investasi Anda
  • Menabung berarti menyisihkan uang Anda tanpa mengharapkan adanya kenaikan dari nilai uang yang Anda simpan. Dengan menabung di bank, setidaknya tahu uang Anda akan lebih aman dibandingkan jika menaruhnya di bawah bantal. Memang jika kita lihat sekilas, berbagai macam tabungan di bank menawarkan bunga tabungan sekian persen per tahun. Akan tetapi, jika Anda perhatikan, setiap tahun harga-harga barang selalu naik dengan persentase yang jauh melebihi bunga tabungan. Jika sadar, sebenarnya uang Anda telah berkurang nilainya.
  • Berinvestasi berarti mengharapkan adanya kenaikan dari nilai uang Anda seiring dengan berjalannya waktu, sehingga akan memberikan keuntungan bagi Anda. Uang yang diharapkan memberikan akan bertambah nilainya itu disimpan dalam suatu bentuk kekayaan yang disebut dengan aset.
Apa itu HYIP ?
HYIP atau High Yield Investment Program atau Program Investasi dengan Profit Tinggi merupakan program investasi yang tumbuh dan berkembang pesat terutama di internet. Perkembangan HYIP di internet sendiri baru dirasakan sekitar tahun 2003 – 2004 dan mulai tahun 2005 telah meraja lela dan sampai juga ada orang Indonesia yang memulai usaha ini. Banyak sekali HYIP yang saat ini dibuat dengan tujuan untuk menipu terutama bagi mereka yang belum paham tentang resiko dan bahayanya berinvestasi di HYIP.
HYIP banyak yang menerapkan “ponzi scheme” yaitu suatu skema dimana orang yang masuk dahulu pada program mendapat profit yang didapat dari orang yang masuk belakangan, dan apabila sudah tidak ada yang masuk atau yang masuk berkurang, maka program tersebut akan tutup (scam). HYIP sendiri saat ini banyak menggunakan mata uang internet (E-Currency), seperti : Liberty Reserve, Perfect Money, e-gold, e-bullion, pecunix, dll. Beberapa di antaranya ada juga yang mempunyai mata uang sendiri seperti SwissCash dengan mata uang e-point, ataupun lewat transfer bank maupun “Bank-Wire”.

Cara Aman Investasi di HYIP

 Saran saya untuk investasi di HYIP adalah anda pasang target dan siap untuk rugi pertamanya walaupun belum tentu anda akan rugi, ibarat pepatah mengatakan “sedia payung sebelum hujan”. Misalnya target anda keluarin modal 5 juta rupiah, anda beli E-Currency senilai itu terus invest di beberapa HYIP yang ratingnya bagus, jangan reinvest dahulu, tarik setiap anda terima profit, pelajari pola dan cara kerja HYIP tersebut, dan pantau setidaknya 6 bulan hingga 1 tahun kalau anda profit, terserah anda profitnya mau di re-invest lagi atau anda tanam di HYIP lain, kalau ternyata rugi anda sebaiknya berhenti.
Cara lainnya butuh modal lebih besar, tapi jauh lebih aman dan 90% bakal profit tapi jangka panjang. Caranya anda beli E-Currency dalam jumlah yg besar (di atas 10 juta rupiah atau US$ 1000), makin besar makin baik. Tunggu sampai harga emas naik atau dollar fluktuasi naik. Pakai profit yang di dapat untuk investasi di HYIP yang rating bagus. Jadi anda sekali tepuk dua lalat dan anda tidak akan bakalan rugi untuk jangka panjang, kalau rugipun tidak akan banyak dan setidaknya modal atau pokok anda tidak hilang. Yang bisa bikin rugi kalau harga emas dunia anjlok dan ini belum pernah terjadi dan semoga tidak, kalaupun harga emas dunia turun biasanya setelah ada kenaikan yang cukup tinggi, karena emas adalah logam yang langka di mana makin hari makin sedikit jumlahnya karena banyak disimpan oleh orang…
Apa yang harus anda ketahui sebelum berinvestasi ?
  • Apakah website program tersebut terlihat profesional? tidak menggunakan free hosting atau free domain.
  • Apakah ada alamatnya atau kontak lain selain email? Jika ada ini akan memberi nilai lebih.
  • Apa kata investor lain (yang telah bergabung). Ini bisa ditemukan di banyak forum.
  • Rasional ! Apakah menurut anda profit yang dijanjikan masuk akal? Meskipun dimungkinkan untuk mendapat keuntungan besar di perdagangan forex, tetapi sangat jarang trader yang dapat konsisten terus menerus mendapat keuntungan.
  • Bagaimana sistem pembayaran (withdrawal). Otomatis langsung ke E-Currency anda setiap hari? harus request withdraw?, Compounding semua atau sebagian, berapa fee penarikan? kapan dapat dilakukan dll. Pastikan anda mengerti cara kerja HYIP anda.
Langkah-langkah investasi yang benar, yaitu :
  • Testing dahulu dengan menyetor investasi minimal (deposit minimal) ke HYIP yang sudah anda cek status dan ratingnya. Setelah HYIP membayar anda, cobalah untuk mencairkan profit anda, kalau semuanya lancar baru lanjut ke langkah berikutnya.
  • Masukkan investasi anda yang benar (target investasi anda) ke HYIP.
  • Ambillah atau cairkan profit anda sesering mungkin kalau HYIP anda memakai sistem withdraw manual atau instant
  • Tunggu sampai modal anda kembali, setelah itu terserah anda ingin re-invest profit anda atau memakai profit anda untuk invest di tempat lain. Saran saya anda sebaiknya re-invest setengahnya, sisanya invest di tempat lain
Cara di atas bisa dibilang paling tepat dan aman untuk investasi, kalaupun anda rugi tidak akan rugi semua, kecuali anda lagi sial benar baru invest, HYIP mendadak tutup (scam). Cara di atas memungkinkan anda untuk profit kalau dilakukan sesuai ketentuan, terutama kalau anda invest di HYIP luar yang jangka pengembalian modalnya singkat antara 50 – 100 hari atau 2 – 4 bulan (profit perhari 1% – 3%).
3 Type Investor HYIP
Investasilah sebesar anda berani kehilangan. Apa artinya? begitu anda masuk HYIP, anda tidak berkuasa lagi atas uang tersebut. Anda tidak dapat mengadukan (complain) program ke pihak berwenang (seperti polisi, FBI, dan banyak lagi). Kenali Tipe anda sebagai Investor… Dengan mengetahui tipe anda sebagai investor akan membuat anda lebih siap menghadapi resiko terhadap keputusan-keputusan investasi.
  • Tipe cerdas.
    Adalah anda yang memasuki bisnis HYIP dengan perhitungan dan strategi jangka panjang. Rugi dalam HYIP adalah biasa, dan tipe ini akan menjadikan kerugian tersebut sebagai pelajaran untuk tetap meraup keuntungan di arena HYIP. Investor tipe ini adalah tipe yang paling beruntung.
  • Tipe Panik.
    Orang tipe ini biasanya sedang dalam kondisi keuangan yang sulit. Mungkin baru PHK, bangkrut, terlilit hutang dll. Mereka memimpikan menjadi jutawan dalam sekejap sehingga berani mengambil keputusan investasi nekat. Tipe ini akan menginvestasikan uang mereka dalam jumlah besar. Jika keputusan mereka salah maka habislah sudah !
  • Tipe untung-untungan.
    Bagi tipe ini, HYIP adalah seperti hiburan saja. Mereka mengetahui resiko dan mengambil keputusan atas dasar untung-untungan. Biasanya punya uang cukup sehingga tidak terlalu merasa kehilangan jika rugi. Tipe ini adalah orang-orang yang kecanduan HYIP.

Aturan Main yang Harus Diikuti dalam HYIP 

Supaya anda bisa profit atau meminimalisasi resiko kerugian berinvestasi di HYIP, ada aturan yang harus diikuti oleh anda, antara lain :
  1. Jangan re-invest atau menambah investasi anda terus menerus sebelum anda BEP (break even point) atau balik modal. Anda harus pasang target berapa yang harus anda investasikan, setelah itu anda stop dan nikmati profit. Dari profit yang ada setelah anda balik modal terserah anda ingin investasikan kembali atau investasikan ke HYIP lainnya. 
  2. Jangan pernah “compounding” atau memakai fasilitas bunga berbunga (bunga majemuk) yang ada pada program HYIP. Jadi intinya jangan investasikan kembali profit yang anda dapatkan, tetapi tariklah setiap saat kalau anda sempat.
  3. Investasikan uang lebih anda atau uang yang tidak terpakai atau uang yang anda rela untuk hilang karena setiap investasi ada resikonya dan HYIP juga demikian. Bedanya HYIP tergolong investasi yang HIGH PROFIT dan HIGH RISK di mana resiko anda mendapatkan profit yang tinggi anda harus perhitungkan apakah sepadan atau tidak dengan resiko yang anda tanggung bila mendadak HYIP tersebut tidak membayar anda.
  4. Pasang target perolehan anda dan jangan serakah. Memang banyak HYIP yang menawarkan profit yang mengiurkan dan ketika anda invest dan kebetulan anda untung jadi anda tergiur untuk mendapatkan “lebih”. Saran saya jangan sekali-kali anda tergoda dengan meminjam uang, menjual barang atau memakai uang anda lebih dari 10% dari total yang ada untuk investasi di sini kecuali anda sudah berpengalaman. Sekali lagi saya ingatkan investasi ini beresiko tinggi. Pasang target investasi anda misalnya anda cuma invest maksimal 10 juta di sejumlah HYIP dan kalau balik modal, dari profitnya baru diinvestasikan lagi kalau rugi anda wajib berhenti.
  5. Diversifikasi atau pengalihan investasi ke beberapa program investasi atau yang dikenal dengan pepatah “jangan menaruh telor dalam satu keranjang”. Semua di dunia ini tidak ada yang abadi apalagi program investasi seperti HYIP yang bisnisnya dilandaskan azas kepercayaan. Anda percaya anda invest, kalau ragu-ragu mending jangan investasi.
  6. Jangan memasukan uang ke dalam HYIP apapun lebih dari $10,000 sebelum anda yakin bahwa HYIP tersebut punya rekord membayar investor yang investasinya besar, karena ada HYIP yang tidak membayar investornya kalau sudah investasinya di atas ribuan dollar tapi membayar yang investasi kecil (puluhan sampai ratusan dollar) supaya rating mereka bagus.
Semua orang yang profit di HYIP dan hidup dari investasi HYIP pasti mengikuti langkah-langkah di atas karena ini sudah merupakan aturan baku yang harus diikuti.
Banyak orang yang rugi di HYIP karena mereka tidak menyadari kesalahan yang mereka perbuat dan beberapa orang malah menyalahkan orang yang mengajak mereka, situs yang menampilkan iklan atau rating HYIP dan bahkan menyalahkan perusahaan / admin HYIP serta semua perusahaan yang turut “mendukung” menjamurnya HYIP seperti perusahaan E-Currency (Liberty Reserve, Perfect Money, e-gold, e-bullion, pecunix, atau yang lainnya), situs rating HYIP dan perusahaan iklan seperti Google juga sering menawarkan iklan HYIP pada situs pencarinya.

 

1 Comments:

PIBO October 7, 2013 at 9:32 PM  

Artikel yang menarik dan perlu dibaca oleh para investor yang masuk dalam kategori HYIP.

Paket2 bisnis here...

About This Blog

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP